Kelebihan Dan Kekurangan Anti Virus

Diposting oleh : M Delfi Saputra | Dirilis : 17.06 | Series :

Kelebihan Dan Kekurangan Anti Virus

Antivirus merupakan  perangkat lunak (software) yang digunakan untuk mendeteksi, mengkarantina, dan menghapus virus komputer baik dari file-file sistem komputer ataupun dari file-file data dan program yang teinfeksi. Virus sendiri sebenarnya merupakan program yang sengaja dibuat untuk merusak atau menggangu suatu aplikasi atau data sehingga program dan data  tesebut tidak dalam kondisi normal bahkan bisa rusak.
Letak file program virus sendiri tidak bisa dilihat seperti halnya file-file saat kita explore karena memang sengaja disembunyikan oleh programmernya. Kita tidak pernah tahu siapa pembuat virus tersebut, yang jelas virus tersebut dibuat menggunakan program-program seperti, Assembler, Pascal, Delhpi, Visual Basic, C+, dan program lain. Efek atau akibat dari virus itu sendiri bervariasi, dapat merusak file yang berextensi doc, xls, exe, membuat folder bayangan, meng-hidden file, menjadikan file dokument menjadi file EXE (Aplication), merusak file system, dan sebaginya.
Cara atau metode penularan virus bebeda-beda tergantung keinginnan “si pembuat”. Diantara virus-virus tersebut bisa menular melalui proses copy file, click file terntertu yang sengaja dibuat untuk menularkan virus, download file, install program dan lain-lai, extract file, dan sebagainya.
Dengan menjamurmya virus-virus komputer yang jumlahnya ribuan bahkan jutaan tentu membuat para programmer berkompetisi untuk membuat Antivirus yang berkualitas dengan maksud untuk melindungi komputer dan seluruh file yang ada di dalamnya termasuk file system, file program, dan file data.
Sebagaimana obat (medicine), satu antivirus belum tentu bisa mendeteksi semua virus, oleh karena itu dibutuhkan pengetahuan khusus untuk memilih Antivirus yang sesuai dengan kebutuhan dengan mengacu pada  kelebihan dan kekurangan masing-masing dari antivirus tersebut.
Mayoritas antivirus baik antivirus yang gratis atau antivirus yang berbayar bisa diinstall dan bekerja secara resident selama komputer hidup, tetapi ada juga beberapa antivirus yang bisa digunakan secara instast sesuai kebutuhan, jadi tidak resident. Keuntungan menginstalasi Antivirus secara resident adalah dapat mendeteksi virus selama komputer hidup dan seluruh aktifitas selalu disensor oleh antivirus tersebut, namun kerugiannya komputer akan mengalami sedikit lambat.
Berbeda dengan antivirus yang kita gunakan secara instant atau sesuai kebutuhan, komputer hanya akan terganggu sebentar selama proses scanning virus tetapi virus hanya akan terdeteksi hanya pada waktu program antivirus tersebut dijalannkan.
Di bawah ini saya informasikan beberapa antivirus gratis dan berbayar berikut fiture-fiturenya secara garis besar yaitu Antivirus AVG, Antivirus AVIRA, Antivirus Kaspersky, Antivirus PC Media, Antivirus, Smadav, Antivirus AVAST, dan Antivirus ANSAV.
Antivirus AVG (Antivirus Gratis dan Berbayar)
Kelebihan Antivirus AVG:
Instalasi AVG cukup mudah..
Auto update selama online (scheduled update).
AVG bisa diinstall pada browser Mozilla Firefox sebagai plugin sehingga surfing lebih aman.
Scanning virus cepat.
Memory yang dipakai pada PC tidak terlalu banyak.
Resident option tidak memperlambat kerja komputer.
Memiliki fiture Anti Spyware, Link-Scanner, Email-Scanner.
Anti Spam
Game Mode
Anti Rootkit Protection
Kekurangan antivirus AVG:
Instalasi pertama cukup lama apalagi untuk versi terbaru (AVG 9)
Cara setting pengoperasian sedikit lebih rumit.
File yang terkena virus biasanya dihapus oleh AVG bersama dengan virusnya.
AVG biasanya bergantung pada sytem operasi komputer yang digunakan.
AVG Terkadang menganggap file yang ber-extension EXE sebagai virus terutama pada file crack.
Update AVG bisa lama.

G+

Muhammad Delfi Saputra
Muhammad Delfi Saputra - Copyright © 2014, All rights reserved. Design by iMoechan
Support: Blogger & Fontawesome